MUNA dan Politik ATHENA

Kanalisasi Syahwat Politik dalam Perkelahian Kuda (Foto by jpnn.com)

Entah kenapa saya tetiba ikut tersundul-sundul soal PHPKada Muna. Padahal seyogyanya saya tidak memiliki kaitan langsung dengan keriuhan PSU Pilkada Muna. Memang dalam teori politik, kekuasaan adalah jalan untuk membumikan kesejahteraan. Yahh.. mungkin karena saya hanya ingin dibilang keren saja. Karena toh saya hanya masyarakat penerima manfaat dari program kesejahteraan bagi calon yang akan terpilih. Karena begitulah konsep politik di negeri muasalnya dikembangkan sekitar 2500 tahun silam.
Kini di Muna khususnya dan Sulawesi Tenggara umumnya dalam waktu dekat akan menggelar ajang Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, sehingga konsep politik begitu hangat diurai. Dari hotel2 hingga kaki lima tak pelak dengan desas desus yang ada. Yah inilah Muna. Inilah Sulawesi Tenggara yang begitu haibat rompuha politiknya ketimbang kerja.
Tak percaya? Cobalah anda jalan jalan ke sini. Anda akan menemukan negeri serupa Athena di zaman Yunani kuno dahulu kala. Rakyat bekerja tak perlu habiskan tenaga. Ada lapis walaka yang bekerja menyiapkan kebutuhan hidup sehari hari. Jika tak cukup ya nanti didatangkan dari luar atau mending sewa tenaga buruh dari luar untuk menyelesaikan pekerjaan bangunan gedung, pekerjaan membangun jalan dan lainnya. Sebab rakyat cukup menikmati hasil pekerjaan itu saja. Rakyat cukup mendiskusikan soal soal besar bangsa yang rumit dan pelik. Ya itulah tema Politik.
Sedikit ke Athena, konon para pekerja kasar, buruh bangunan ketika itu hanya digunakan tenaganya untuk membangun. Selain itu tidak dibutuhkan. Para pekerja membentuk aliansi akibat tersisih dari pergaulan sosial. Hasilnya, mereka menyebar dengan ilmu bangunan mumpuni. Menguasai arsitektur dan segala turunannya. 
Dan kini mereka memiliki posisi tawar dunia. Kelompok mereka begitu simpang siur. Ada yang menyebutnya sebagai Freemanson yang kini menguasai lebih dari separuh ekonomi dunia. Ada yang menyebutnya sebagai kelompok kapitalis murni dan lain lainnya. Bahkan konon, senat USA didominasi oleh kepentingan mereka. Bahkan dalam setiap kontestasi politik mereka hadir dalam seribu wajah.
Yah moga moga dan hasilnya ya Pilkada Muna diputuskan untuk PSU. Anda tak perlu khawatir bagaimana konstalasi politiknya. Itu karena anda masih awam. Tunggulah saatnya anda mahir dan mumpuni.
Anda juga harus tau, Muna kini jauh lebih kondusif dibanding yang lalu lalu. Muna kini jauh lebih aman dibanding yang sudah sudah. Itu karena masyarakatnya paham dan tau betul apa yang dirompuhakan. Marilah kita tunggu hasil PSU Pilkada Muna yang tinggal beberapa hari ini. Sembari kita mengencangkan ikat pinggang lalu bersiap siap mendiskusikan Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Rochmady
Founder Mokesano Institut
02 Maret 2016

Baca juga:  Peradaban yang Mencerahkan

Komentar anda

komentar

Powered by Facebook Comments

Rochmady

Penikmat kopi tubruk | Pencinta sastra, puisi, dan sejarah | Direktur Executive Study Center of Coastal and Isle | Pendiri Mokesano Institut | Editor in-Chief AkuatikIsle: Jurnal Akuakultur, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (EISSN: 2598-8298)